Monday, June 23, 2014

Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri dalam Presentasi

Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri dalam Presentasi

Salah satu masalah yang sering dialami oleh kebanyakan orang terkait dengan presentasi atau public speaking adalah tidak percaya diri.
Lantas mengapa mereka tidak percaya diri?
Hal ini biasanya disebabkan oleh dua hal antara lain:
Pikiran negative
Tidak percaya diri muncul kerana pikiran negatif dari dalam diri. Mereka merasa banyak kekurangan, merasa tidak pintar, tidak berpengalaman dan lain-lain.
Kurangnya penguasaan materi atau persiapan
Penguasaan materi yang kurang umumnya disebabkan kerana persiapan yang kurang. Hal ini otomatis akan memicu rasa khawatir kalau-kalau apa yang akan disampaikan tidak maksimal. Sebab itulah akhirnya seseorang tidak percaya diri saat tampil presentasi.
Itulah dua hal yang paling umum, menyebabkan seseorang tidak percaya diri dalam presentasi.
Bagaimana meningkatkan rasa percaya diri?
Berikut adalah beberapa tips sederhana dalam meningkatkan rasa percaya diri dalam presentasi
1. Berpikiran positif
Anda harus memulainya dengan pikiran positif. Katakan pada diri Anda bahawa Anda layak berbicara di depan audiens, katakan pada diri Anda bahwa Anda memiliki kelebihan dan katakan pada diri Anda bahwa Anda bisa tampil dengan baik dalam setiap penampilan.
Anda harus memupuk pikiran positif terus menerus. Percayalah pikiran positif akan memberikan energi pada diri Anda untuk meraih tindakan yang lebih baik untuk meningkatkan kemampuan presentasi Anda. Dengan pikiran positif Anda akan lebih percaya bahwa presentasi itu adalah sebuah keterampilan yang bisa dipelajari. Jika Anda punya komitmen yang kuat maka tidak ada yang perlu dirisaukan dari presentasi.
2. Persiapan yang baik
Tidak ada satu pun presenter atau pembicara hebat di dunia ini yang percaya diri saat melakukan presentasi, jika ia tidak memiliki persiapan yang baik. Tidak satu pun. Anda boleh bertanya kepada pembicara yang terlatih mana pun dan Anda akan mendapatkan jawaban yang sama. Bahwa persiapan adalah kunci di mana mereka begitu percaya diri saat tampil di depan publik. Dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan antara lain: pemilihan, tujuan presentasi, analisis audiens, menyusun bahan presentasi, struktur presentasi, membuat desain, latihan dan penguasaan alat-alat presentasi.
Jika semua persiapan ini Anda lakukan dengan baik maka Anda akan jauh lebih percaya diri dalam setiap presentasi.
Bagaimana jika presentasi saya dadakan?
Meskipun presentasi Anda dadakan, Anda tetap harus melakukan persiapan. Meskipun waktunya terbatas. Saran saya jika hal ini menimpa Anda, maka mintalah waktu kepada panitia untuk mempersiapkannya. Saya yakin mereka akan memahami itu semua.
3. Berpenampilanlah yang baik
Saya rasa Anda tidak akan menolak jika saya mengatakan bahwa penampilan yang baik akan menambah rasa percaya diri Anda dihadapan orang lain. Dah ini sulit dibantah. Semakin baik Anda menjaga penampilan maka percaya diri Anda akan semakin tinggi. Namun sebaliknya jika penampilan Anda biasa saja, sedangkan apa yang dikenakan audiens lebih baik dari Anda akan merasa tidak percaya diri. Kecuali Anda adalah orang cuek dengan itu semua. Namun asal Anda tahu saja, audiens akan lebih menghargai Anda jika Anda berpenampilan baik.
Demikianlah tiga tips sederhana meningkatkan rasa percaya diri dalam presentasi. Percayalah jika saran ini Anda lakukan dengan baik, Anda akan jauh lebih percaya diri dalam setiap penampilan atau dalam setiap kesempatan presentasi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...